Kamis, 07 November 2013

Tutorial RPG Maker VX untuk Pemula

Hy! Pernahkan kalian berangan-angan untuk mempunyai game sendiri? Ini lah solusinya..! RPG Maker VX,salah satu dari RPG Maker ini bisa dibilang RPG Maker yang Standar,Disini kalian akan saya ajarkan Tekni-teknik dasar untuk membuat Karya kalian sendiri melalui RPG Maker VX ini...
Langsung saja... Silahkan Baca!

1.Persiapan

  • Persiapkanlah Ide atau Jalan Cerita kalian.
  • Persiapkan Niat yang tinggi,karena banyak dari seorang RPG Maker yang Gamenya kandas ditengah jalan
  • Teknik dasar Komputer

2.Basic (Dasar)

Sebelum mempelajari dasarnya,supaya lebih mengerti coba perhatikan dulu gambar ini

Nah.. kalian lihat sendiri bagian-bagian tersebut?
Langsung saja saya akan jelaskan..
A = Tileset,dibawah tileset ada juga deretan Alpabet yaitu dari A-E,fungsi aplabet tersebut adalah untuk mengganti Tileset.
B = Map Sheet,disini adalah tempat dimana kalian menaruh tileset sehingga terbentuk suatu map dengan cara menggunakan Tool Map yang ada di deret D,Caranya mudah tinggal klik Tileset yang anda inginkan lalu taruh di Map dan Kreasikan sesukamu.
C = Map Data,disini adalah tempat hasil Map karya kalian,kalian bisa menambahkan Map kalian dengan cara meng-Klik kanan di Bagian C ini dan memilih New Map.
D = Ribbon,kita urut dari kiri
-New Project = Membuat Project Baru
-Open Project = Membuka Project yang telah disimpan
-Save Project = Menyimpan Project yang dibuat
-Cut = Memotong Event atau lainnya
-Copy = Menyalin Event atau lainnya
-Paste = Menempelkan Hasil Cut/Copy
-Delete = Menghapus Event atau lainnya
-Undo = Membatalkan Perintah
-Passage Setting = Mengatur TileSet yang bisa dilewati,tembus,atau tidak bisa dilewati
-Map = Tool yang berguna untuk membuat map dengan cara mengklik tile set dan mengkliknya lagi di Map Sheet
-Event = Membuat Event
-Pencil = Menata TileSet satu persatu
-Rectangle = Menata TileSet dengan bentuk kotak
-Ellipse = Menata TileSet dengan bentuk Bola
-Flood Fill = Mengisi penuh map dengan satu Tile Set
-Database = Mengakses Database
-Resource Manager = Mengakses Resource Manager
-Script Editor = Mengakses Script Editor
-Soundtest = Mengetes OST
-Play Test = Mengetes Game

3.Database

Perhatikan gambar ini terlebih dahulu
karena ini terlalu sulit untuk dijelaskan...
saya jelaskan tentang kegunaannya saja ya... hehehe....
-Actors = Tab ini berfungsi untuk membuat karakter yang anda butuhkan.
-Classes = Tab ini berfungsi untuk membuat Class/Job Karakter/Aktor,contoh Petarung,Kesatria,Penyusup atau yang lainnya.
-Skill = Membuat Skill,sesungguhnya tidak perlu,karena disini sudah dipersiapkan banyak Skill yang siap digunakakan.
-Item = Membuat Item,seperti Obat,atau yang lainnya
-Weapon = Membuat Senjata,kalian bisa membuat berapa Penambahan Statnya,Harganya bahkan Animasi menyerangnya.
-Armor = Membuat Armor,seperti perisai,helm,baju dan yang lainnya,kalian juga bisa membuat berapa Penambahan Stasnya dan Harganya
-Enemies = Membuat Monster/Musuh.
-Troops = Membuat Pasukan(Gabung dari beberapa monster)
-States = Membuat Status(Poison,Sleep,Stun Dll)
-Animation = Membuat Animasi untuk Senjata,Skill dan Item
-Common Event = Membuat Event yang sering digunakan seperti Save Game,Jual Beli Dll
-System = Mengatur SE,Kendaraan,Judul Game,Element dan Jumlah Aktor di awal Game
-Term = Mengubah nama-nama,Seperti G ke Rp,Attack ke Serang Dll..

Note : untuk menambah jumlah maximal kalian bisa menggunakan Tombol 'Change Maximum' yang ada di pojok kiri bawah

4.Events


Lihat gambar ini
Nah..yang kita pelajari yang Basicnya dulu..
A = Yang ini bisa dibilang Advance,jadi kita Lewati
B = Disana ada tulisan @> nah disitu yang nantinya kita beri Event
C = disana ada beberapa bagian yaitu :
-Graphic = Menetapkan Graphic Event
-Type = -Fixed = Sprite/Graphic Event hanya diam
             -Random = Sprite/Graphic Event akan Bergerak secara Random
             -Approach = Sprite/Graphic Event akan bergerak mengikuti Aktor
             -Custom = Mengatur Pergerakan Sprite/Graphic Event dengan Pola
-Speed = Mengatur Kecepatan
-Freq = mengatur Frekuensi
D = disana ada beberapa bagian juga yaitu :
-Option = -Walking Animation = On/Off Animasi Sprite
                -Stepping Animation = On/Off Animasi Sprite pada waktu berjalan
                -Direction Fix = On/Off Direksi/Arah Sprite
                -Through = On/Off Ketembusan Sprite
-Priority = -Below Character = Prioritas Sprite ada dibawah Karakter
                 -Same as Character = Prioritas Sprite setara dengan Karakter
                 -Above Character = Prioritas Sprite ada diatas Karakter
-Trigger = Mengatur bagaimana Event u=itu dimulai :
                -Action Button = Memulai Event setelah Pemain menekan tombol Z/Enter
                -Player Touch = Memulai Event setelah Aktor menyentuh Event tersebut
                -Event Touch = Memulai Event langsung setelah Aktor menyentuh Event
                -Autorun = Memulai Event Langsung tanpa perintah
                -Parallel Procces = Memulai Event Langsung dengan Proses Paralel

5.List Event Of Command

List Event of Command bisa diakses dengan cara meng-Double Klik @> pada Event
Lihat dulu Gambar ini..
Sisanya dilanjutin nanti ya.. -_- RPG Maker ane kena Crash -_-

Nah untuk contoh gamenya,sayak udah buat satu..The Lost Memory..
klo mau coba silahkan ke sini

       

2 komentar:

  1. gan , Ane mau minta tolong bikinin game RPG yang simple buat tugas kampus ane bisa nggak ??? soal upahnya , terserah agan dah pantesnya brapa ???

    BalasHapus